Tim P3M UNPAR Pananjung Turut Meramaikan Pesta Obor Perayaan Satu Muharram 1445 Hijriyah

22 Juli 2023
KKNUNPAR
Dibaca 167 Kali

Perayaan tahun baru Islam bukanlah suatu hal yang asing bagi Desa Pananjung. Dengan ikatan dan kesadaran kebudayaan yang kuat, Desa Pananjung tidak pernah gagal dalam merayakan dengan meriah pergantian tahun Hijriyah. Demikian, Pesta Obor  pada hari Rabu (19/07/2023) adalah bukti dari hal tersebut – sebuah bukti yang mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) turut berikut serta.

Bermula di daerah dusun Bojong Jati pada kelarnya ibadah Isya, masyarakat Desa Pananjung kerap meramaikan lokasi berbondong-bondong. Hadirin yang datang pada lokasi disambut dengan beragam jumlah pemuda Pananjung yang dengan lihai memainkan obor dengan gesit, melakukan berbagai aksi akrobatis yang memukau para hadirin yang menonton.

Acara kemudian dilanjutkan dengan parade bersama menuju daerah Selatan Dusun Karangsalam yang dimeriahkan dengan berbagai kreasi-kreasi masyarakat Pananjung. Kreasi-kreasi tersebut yang beragam bentuk, ukuran, dan tema, menciptakan sebuah atmosfer unik yang hanya bisa dirasakan oleh para hadirin acara pesta obor. Mulai dari kreasi ikan hiu darat raksasa, gajah yang besar, ular naga dari kain sepanjang jalanan, tiga pasang banteng yang digerakan oleh pemuda, dan beragam kreasi lainya, hal-hal tersebut benar menunjukkan kentalnya kesadaran akan kebudayaan setempat yang seluruh masyarakat Desa Pananjung ikut ramaikan dan lestarikan.

Ikan hiu

Sebagai kelompok mahasiswa yang sedang melakukan program Penelitian, Pendidikan, dan Pengabdian Masyarakat (P3M), maka UNPAR tim Pananjung juga kerap membantu dalam perayaan acara obor ini. Mengikuti acara sejak awal dan pula ikut serta dalam mengiringi parade melalui tumpangan dari aparat Desa Pananjung, tim UNPAR Pananjung mendukung penuh bentuk kegiatan kebudayaan ini.

anak unpar 

Saat sampainya pada daerah Selatan Karangsalam, parade kemudian berbalik arah, kembali menuju daerah awal Bojong Jati. Sesampainya pada lokasi, sebuah malam yang diisi dengan perayaan, nyanyian, dan doa-doa keagamaan pun kerap diselesaikan. Sebuah acara yang hanya bisa dirasakan sekali dalam setahun, Pesta Obor merupakan acara yang wajib diikuti bagi siapapun yang hendak berkunjung pada Desa Pananjung.