Mahasiswa KKN-T Universitas Pendidikan Indonesia Beri Edukasi Warga Tata Cara Pengelolaan Jelantah

15 Agustus 2023
KKN UPI
Dibaca 126 Kali
Mahasiswa KKN-T Universitas Pendidikan Indonesia Beri Edukasi Warga Tata Cara Pengelolaan Jelantah

Pada hari Selasa (15/08/2023) mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Pendidikan Indonesia Bumi Siliwangi Bandung melaksanakan seminar mengenai tata cara pemanfaatan minyak jelantah menjadi lilin aroma terapi. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Desa Pananjung Pangandaran yang dimulai pada pukul  11.15-12.00 WIB serta dihadiri sebanyak 46 peserta kegiatan. Bukan hanya sebagai ajang merealisasikan program kerja perkuliahan namun kegiatan ini sebagai sarana mahasiswa KKN berinteraksi  bersama wara setempat.

Pemilihan tema dari kegiatan ini adalah Ngopi: Ngobrol Perihal Inspirasi bukan tanpa alasan dikarenakan tujuannya meningkatkan pengembangan desa berbasis SDGs’. Lilin aromaterapi dipilih sebagai luaran produk pun mengikuti pangsa pasar yang ada, diharapkan akan menjadi peluang baru terbentuknya peluang usaha ditengah gencarnya UMKM. Sumber foto : KKN-T UPI

Dalam pelaksanaannya, peserta sangat antusias menyimak dari awal hingga akhir kegiatan acara. Bukan hanya pematerian namun juga demonstrasi yang melibatkan peserta secara langsung. Warga yang berpartisipasi aktif akan mendapatkan stearin (bahan membuat lilin) dan  lilin aroma terapi yang sudah jadi.

Melalui kegiatan seminar ini diharapkan warga setempat yang terdiri atas Ibu-ibu PKK, Kader Posyandu dan Karang Taruna dapat memanfaatkan minyak jelantah menjadi suatu produk bernilai ekonomis.