Mitigasi Bencana: Desa Pananjung Menerima Bantuan Kawat Bronjong dari BPBD Kabupaten Pangandaran

04 Agustus 2023
KKN UPI
Dibaca 130 Kali
Mitigasi Bencana: Desa Pananjung Menerima Bantuan Kawat Bronjong dari BPBD Kabupaten Pangandaran

Mitigasi adalah upaya yang memiliki sejumlah tujuan yakni untuk mengenali risiko, penyadaran akan risiko bencana, perencanaan penanggulangan, dan sebagainya. Mengingat bencana alam merupakan risiko yang tidak terhindarkan, maka mitigasi adalah hal penting yang perlu diketahui untuk setidaknya mengurangi dampak dari bencana alam. Maka dari itu salah satu bentuk mitigasi bencana alam longsor dan abrasi dilakukan dengan pemasangan Kawat Bronjong.

Pada hari Jum'at, 4 Agustus 2023 Desa Pananjung  menerima bantuan langsung dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran sebanyak 250 Kawat Bronjong. Proses pemindahan Kawat Bronjong dilakukan secara gotong royong bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR).

Bantuan Kawat Bronjong dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran untuk Desa Pananjung tersebut, pemasangan kawat bronjong tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya tanah longsor di sepanjang aliran sungai Dusun Bojong Jati yang dapat membahayakan akibat dari curah hujan yang tinggi.

Fungsi Kawat Bronjong antara lain adalah melindungi dan memperkuat struktur tanah di sekitar tebing agar tidak terjadi longsor, tepi sungai, dan tepi tanggul. Kawat Bronjong juga bisa digunakan sebagai pembentuk bendungan untuk meningkatkan volume air sungai.

Bagian tepi sungai bisa mengalami erosi akibat arus sungai yang deras dan terus-menerus terjadi. Di sini, Kawat Bronjong akan berfungsi sebagai penjaga area tepi sungai dari arus sungai sehingga bantaran sungai tidak akan mudah hancur.