Pelayanan Kesehatan, KKN-T UPI Dukung Kegiatan Posbindu Desa Pananjung

12 Agustus 2023
KKN UPI
Dibaca 163 Kali
Pelayanan Kesehatan, KKN-T UPI Dukung Kegiatan Posbindu Desa Pananjung

Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Pendidikan Indonesia Bandung berpartisipasi dalam kegiatan Posbindu pada hari Sabtu (12/08/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Posyandu Melati Dusun Karang Sari, Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran. Program Posbindu ini ditujukan kepada warga Desa Pananjung yang meliputi dusun Karangsari, Bojongjati, dan Karangsalam. 

Kegiatan Posbindu di desa Pananjung dilaksanakan satu bulan sekali yang dikhususkan untuk masyarakat lansia. Mahasiswa KKN membantu ibu-ibu kader posyandu, pegawai Puskesmas serta dokter yang sedang bertugas. Masyarakat yang hadir sebanyak 33 orang. Kegiatan dimulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 11.13 WIB. Dalam proses pelaksanaan Posbindu, masyarakat yang datang akan melakukan pendaftaran atau mengisi daftar hadir lalu akan dilanjutkan dengan melewati pengecekan berat badan, tinggi badan, serta lingkar perut. Dalam kegiatan ini, mahasiswa berperan membantu dalam mencatat data berat badan, tinggi badan, lingkar perut dan merekap data akhir.

Masyarakat yang sudah melewati pengecekan diharuskan untuk menunggu antrian yang nantinya akan dipanggil ke ruangan pemeriksaan untuk di cek tekanan darah. Dalam proses pengecekan lebih lanjut, dokter akan menanyakan keluhan yang nantinya akan diperiksa lebih lanjut dan diberikan obat sesuai dengan hasil pemeriksaan. Masyarakat yg hadir memiliki berbagai keluhan namun mayoritas karena hipertensi sehingga diberikan obat Amlodipine.